Penerapan Flowchart Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Mendengar kata algoritma membuat sebagian orang merasa pusing. Algoritma memang istilah yang bisa dianggap membingungkan jika tidak paham apa sebenarnya algoritma itu. Nah, agar kalian tidak pusing mari kita bahas bersama terkait algoritma itu sendiri.

Source via: artikelsiana.com
Source via: artikelsiana.com

Algoritma merupakan langkah-langkah penyelesaian masalah secara terinci dan teratur. Jadi ada beberapa tahapan yang dibuat untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Algoritma ini biasa dikenal dengan istilah algoritma natural.

Flowchart Algoritma adalah tahapan yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan membuat sebuah bagan dan simbol. Jadi terdapat berbagai simbol yang digunakan untuk mewakili sebuah kegiatan. Simbol-simbol ini harus dihafalkan agar tidak terjadi kekeliruan.

Pengaplikasian Flowchart Algoritma

Salah satu contoh penerapan jenis algoritma yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari adalah pengiriman kantor pos. Pengiriman surat melalui kantor pos bisa melalui dua cara. Tahapan dapat disusun menggunakan algoritma sederhana atau algoritma natural sebagai berikut.

Memulai, menyiapkan kertas dan beberapa kartu ucapan, menyiapkan amlop. Menyiapkan alat tulis, memulai menuliskan berbagai ucapan dalam surat, memasukkan kertas kedalam amplop, melakukan pengeleman, menuliskan alamat penerima surat, menempelkan perangko jika menggunakan, pergi ke kantor pos, dan kemudian mengirimkannya melalui pos. Tahapan ini disebut dengan algoritma natural.

Contoh Flowchart Algoritma yang digunakan adalah sebagai berikut:


Source via: referensisiswa.blogspot.com
Source via: referensisiswa.blogspot.com

Kegiatan makan juga dapat menggunakan jenisAlgoritma iniloh. Nah proses ini dimulai dari mulai cuci tangan hingga cuci piring. Tahapan demi tahapan dibuat dengan sangat detail dan berurutan. Tidak ada tahapan yang dibuat loncat atau tidak runtut.

Tahapan yang dilakukan pada saat makan misalnya, mencuci tangan sebelum makan, mengambil berbagai peralatan makanan yang dibutuhkan seperti sendok, piring, dan gelas, mengambil makanan, berdoa sebelum memulai makan, makan secara baik, berdoa setelah makan, minum, beres-beres, dan diakhiri dengan mencuci piring.

Terdapat urutan yang jelas yang disebutkan dalam algoritma. Berbagai kegiatan lain yang dapat menerapkan konsep algoritma diantaranya, memasak mie, mandi, menanak nasi dan masih banyak lagi. Algoritma ini dapat digunakan untuk banyak keperluan. Jadi sangat mudah mengambil contoh kegiatan yang dapat mengaplikasikan algoritma.

Salah satu point penting dari penerapan algoritma adalah keselarasan dan keteraturan pola yang dibuat. Jadi jelas antara mulai hingga akhir. Tahapan atau proses apa saja yang harus dilakukan dan apa yang sebaiknya jangan dulu dilakukan. Hal ini akan membuat orang lain mudah mengikuti algoritma yang sudah kita buat.

Algoritma merupakan sebuah proses. Proses yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara runtut. Apabila tidak runtut maka tidak dapat disebut algoritma sebab dalam algoritma ini dibuat secara bertahap. Itulah sekilas info tentang penerapan Flowchart Algoritma dalam kehidupan sehari-hari.